Perbedaan Beton Biasa dan Beton Ready Mix Beserta Pengertian nya

Ahli teknik sipil pasti paham akan perbedaan beton biasa dan beton ready mix. Akan tetapi bagi yang masih awam, pasti akan bertanya apa apa perbedaan dari keduanya, dan apa fungsi dari keduanya.

Bahkan kadang ada pertanyaan sederhana terlontar ketika mendengar istilah yang tidak dipahami. Beruntung membuka artikel ini, sebab akan membahas tentang perbedaan antara beton biasa dan beton ready mix.

Pengertian Beton

Beton adalah sebuah material penting untuk membuat bangunan menjadi kokoh. Material yang digunakan sebagai adukan beton biasanya terdiri dari campuran agregat dan semen.

Beton portland merupakan salah satu beton yang sering digunakan. Material yang digunakan untuk membuat beton ini terdiri dari kerikil, pasir, air, zat adiktif dan semen sebagai pengikat antar material.

Pengertian Beton Ready Mix

Berbeda dengan jenis beton lainnya, pembuatan beton ready mix menggunakan beberapa tambahan material pendukung. Pasir yang digunakan untuk membuat beton ini memang dibuat menggunakan formulasi khusus.

Istilah familiar yang digunakan untuk proses formulasi khusus ini yaitu batching plant. Sehingga akhirnya beton ready mix atau cor jayamix berubah sebagai beton cor yang kemudian akan disalurkan pada area pembangunan konstruksi.

Perbedaan Beton Biasa Dan Beton Ready Mix

Perbedaan beton biasa dan beton ready mix yang sangat menonjol terlihat pada proses produksinya. Proses pembuatan beton biasa umumnya hanya dilakukan oleh pekerja bangunan saja.

Sehingga beton yang dihasilkan hanya menyesuaikan perkiraan dan standar dari pekerja tersebut. Maka tak heran apabila hasil dari pembuatan beton biasa terlihat tidak menonjol kualitas dan proporsional nya.

Berbeda dengan cara pembuatan beton ready mix yang pembuatan nya memang diproduksi oleh ahlinya. Ahli dalam pencampuran material agar menghasilkan beton dengan kualitas yang tinggi.

perbedaan beton biasa dan beton ready mix
Beton Ready Mix

Dengan demikian hasil beton akan terlihat jelas proporsional dan kualitasnya. Bahkan kini produksi beton dalam negeri sudah seperti standard beton kualitas luar negeri.

Tidak heran jika produksi beton dalam negeri hampir sama dengan beton buatan luar negeri. Sebab cara produksi beton memang dilakukan oleh ahlinya yang mengerti akan pencampuran material beton.

Sehingga akan terlihat jelas kualitas dari hasil produksi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Bahkan jenis beton apa yang akan diproduksi telah dapat di prediksi dari awal perencanaan.

Penerapan Beton Ready Mix

Bagi kebanyakan konstruksi pembangunan biasanya membutuhkan beberapa jenis beton. Sama seperti fungsi penempatan beton ready mix yang memiliki banyak jenis penerapan, misalnya sebagai berikut:

1. Beton Pratekan

Jenis beton ini diproduksi karena sangat baik terhadap tekanan, sebab material yang digunakan beton ini adalah baja dan adukan beton. Material ini saling berkaitan sebab beton sangat kuat terhadap tekanan tinggi dan memiliki daya tarik rendah.

Sedangkan baja memiliki daya tarik yang lebih kuat dari beton. Oleh sebab itulah kedua bahan ini sangat berkaitan. Sehingga menghasilkan beton yang kuat akan daya tarik dan daya tekan.

2. Beton Non-Struktural

Terlihat jelas dari namanya non-struktural, dengan kata lain pembuatan beton ini memang tidak menggunakan unsur struktural. Misalnya material besi tidak ada dalam beton yang memiliki fungsi sebagai tulangan cor pada beton.

3. Beton Struktural

Jenis beton ini kebalikan dari jenis beton yang telah dijelaskan diatas. Sebab dalam cor beton ini memiliki material besi sebagai unsur tulangan. Oleh sebab itulah beton ini disebut sebagai besi struktural.

Sekian pembahasan mengenai Perbedaan beton biasa dan beton ready mix yang dapat diampaikan dalam artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penjelasan jenis beton.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini