HARGA BONDEK PER LEMBAR TERBARU

Pemilihan material dalam sebuah konstruksi bangunan adalah hal yang harus di pikirkan secara matang. Karena apabila salah dalam memilih material akan berakibat fatal pada sebuah bangunan. Seperti hal nya dalam memilih besi yang menjadi salah satu komponen penting dalam suatu bangunan.

Banyak material yang harus diperhatikan diantaranya adalah dalam memilih Bondek. Saat ini Bondek dalam sebuah konstruksi adalah material yang sering digunakan. Selain sebagai atap bangunan, pemakaian Bondek adalah sebagai pengganti bekisting dalam pengecoran dak beton.

Hal ini akan membuat proses pengecoran lebih praktis dan juga bangunan kita pun akan menjadi lebih kokoh dan kuat. Penggunaan bondek ini dipercaya lebih efisien dibanding menggunakan bekisting. Karena dalam proses pengecoran material tidak ada yang tercecer maupun terbuang.

Bondek dalam dunia konstruksi juga biasa disebut dengan smart deck, steel deck atau floor deck. Selain itu Bondek mempunyai varian ukuran yang beraneka ragam. Bondek yang paling sering digunakan adalah Bondek yang mempunyai ketebalan 0.75 Mm dan lebar 1 meter.

Daftar Harga Bondek Terbaru 2021

NO JENIS BONDEK HARGA
1 Bondek Galvalum / Floor Deck 0.75 mm IDR. 112.000
2 Bondek Galvanis / floor Deck 0.75 mm IDR. 110.000
3 Bondek Galvalum / Floor Deck 0.70 mm IDR. 105.000
4 Bondek Galvanis / Floor Deck 0.70 mm IDR. 100.000
5 Bondek / Floor Deck 0.65 mm IDR. 94.000

HARGA BONDEK PER M²

NO UKURAN TEBAL (LEBAR 1 M) HARGA
1 0.65 mm IDR. 92.000/m²
2 0.70 mm IDR. 104.000/m²
3 0.75 mm IDR. 108.000/m²
4 1 mm  IDR. 182.000/m²

UKURAN-UKURAN BONDEK

NO UKURAN KETERANGAN
1 3 meter Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
2 3.5 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
3 4 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
4 4.5 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
5 5 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
6 5.5 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan
7 6 meter  Cukup dikalikan dengan harga per meter tebal yang di inginkan

CATATAN!

HARGA BONDEK DIATAS SEWAKTU-WAKTU DAPAT BERUBAH TANPA ADANYA PEMBERITAHUAN. LOKASI DAN DAERAH MEMPUNYAI HARGA YANG BERBEDA.

Jenis-Jenis Bondek Cor yang Perlu Diketahui

Bondek tentu memiliki kelebihan-kelebihan diantara material lain nya. Berikut ini ada 2 jenis bondek yang paling sering digunakan dalam konstruksi bangunan.

Bondek Galvanis

Bondek jenis ini terbuat dari campuran seng dan alumunium. Sesuai namanya Galvanis sendiri adalah salah satu material bangunan yang sudah digunakan sejak lama. Saat ini Penggunaan Galvanis masih sering dipakai terutama dalam keperluan materian bangunan termasuk di dalam nya Bondek.

Bondek Galvalum

Pemakain Bondek jenis ini adalah yang banyak disarankan dalam konstruksi bangunan. Karena Bondek galvalum memiliki kekuatan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan Bondek Galvanis. Yang menjadi masalah adalah harga yang terbilang lebih mahal dari Bondek galvanis.

Itulah 2 jenis Bondek yang paling sering digubakan sebagai bahan pelapis pengganti bekisting dalam proses pengecoran. dengan menggunakan Bondek dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan banyak penyangga sebagai penopang beton.

Keunggulan Menggunakan Bondek Dalam Pengecoran

Menggunakan Bondek yang praktis  tentu menjadi pilihan tersendiri bagi para kontraktor bangunan. Karena proses pengecoran akan berjalan lebih baik dan tidak mengalami pemubaziran material beton cor. berikut ini ada beberapa keunggulan mengapa harus menggunakan bondek dalam pengecoran.

  • Hasil yang didapatkan dalam pengecoran lebih baik dan rapi.
  • Menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan triplek dan semacamnya.
  • Menggunakan Bondek lebih menyatu dengan beton cor.
  • Bahan-bahan bondek memiliki sifat yang anti karat.

Baca Juga :

Harga Ready Mix

Harga Ready Mix Sukabumi

Kekurangan Menggunakan Bondek 

  • Bondek memiliki sifat yang sulit untuk dipotong. ini berarti dalam pemotongan bondek memerlukan alat khusus seperti angel grinder. Ukuran bidang yang akan dilakukan pengecoran haruslah tepat dan ketika pemesanan harus sesuai dengan bidang tersebut.
  • Dalam proses pemasangan bondek memerlukan spesialis khusus pemasangan bondek. Biasanya para tukang yang belum terbiasa menggunakan bondek  atau yang belum berpengalaman akan sulit melakukan pemasangan dan dikawatirkan akan terjadi pemborosan material.
  • Tidak bisa digunakan untuk pengecoran dak yang tidak mempunyai balok tepi seperti plat kanopi, plat pel yang biasanya tanpa balook dan cantilever.
  • Memerlukan tukang las dalam menyambungkan antar Bondek sehingga bondek lebih kuat. tentu saja hal ini akan memerlukan biaya tambahan untuk upah tukang las.
  • Apabila Bondek dipasang secara terpisah, maka harus menggunakan penopang balok beton atau Baja H

Cara Pemasangan Bondek

Pada prinsipnya Bondek dapat dipasang diatas tumpuan konstruksi baja, batu bata atau pun beton. panjang bondek yang digunakan haruslah sesuai dengan bentangan yang mempunyai jarak efisien atara bangunan. Sambungan antara panel krisdek harus dibuat se minimal mungkin. walaupun panel deck bisa dijadikan bekisting yang sangat aman ketika beton masih dalam keadaan basah namun disarankan menggunakan papan dalam lalu lintas para pekerja.

Dalam proses pemasangan bondek diatas tumpuan baja harus dilakukan apabila telah selalesai pengukuran dengan menggunakan lot dan waterpass. Pemasangan bisa dilakukan dengan membentangkan bondek secara kontinyu dan di ikat melalui proses las maupun menggunakan paku tembak. Pengelasan bagian ujung dek dari atas hiingga bawah menggunakan las cantum dengan diameter 10 mm pada bagian sisi rusuk panel.

Kemudian dalam proses pemasangan adalah penyempurnaan pemasangan dek dengan menutup lubang yang rusak dengan menggunakan pita perekat. Lakukan penyempurnaan sambungan sisi rusuk panel dak dengan di las cantum.

Dan yang terakhir dalam persiapan pengecoran dibutuhkan tiang penyangga yang berfungsi mencegah terjadi nya lendutan dalam pengecoran. Proses pelepasan penyangga dapat dilakukan apabila usia beton mencapai 5 sampai 7 hari pasca pengecoran.

Nego Disini
Call Now Button