Cara Menghemat Biaya Pengecoran Yang Perlu Diketahui

Cara menghemat biaya pengecoran merupakan salah satu langkah dalam meminimalisir pengeluaran dalam pembangunan menggunakan konstruksi beton. Karena dalam pengecoran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini di perlukan ketelitian sehingga dengan menghemat biaya namun tidak mengurangi kualitas konstruksi itu sendiri.

Ada beberapa cara menghemat biaya pengecoran beton. Dengan demikian maka kita wajib mengetahui perhitungan nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pengecoran beton. Dengan demikian kita dapat mengetahui seberapa efektif dalam pemilihan material dan lain-lain.

Cara Menghemat Biaya Pengecoran Dengan Mengetahui Jenis Pengecoran Yang Dilakukan

Ketika ingin memutuskan dalam pengecoran alangkah baiknya dengan melakukan perhitungan seberapa besar biaya yang akan di keluarkan. karena setiap proyek pengecoran membutuhkan material yang berbeda pula. Sebagai contoh setaiap pekerjaan pengecoran selalu membutuhkan tulangan besi baja dan juga bekisting.

Namun ada juga bangunan yang membutuhkan beton curah atau yang juga dikenal dengan ready mix concrete. Pemilihan material tersebut tentu saja harus di perhitungkan secara matang. Dengan demikian, kita dapat mengetahui berapa kisaran biaya yang akan di keluarkan nantinya.

Penggunaan tulangan besi baja adalah salah satu contoh dalam proyek pengecoran beton. Akan tetapi beberapa konstruksi beton juga tidak menggunakan material tersebut. Hal ini di karenakan dapat menambah cost atau biaya. Karena menggunakan besi baja dikenal cukup mahal dan tidak menghemat biaya pengecoran.

Menyediakan Material Konstruksi Secukupnya

Dengan adanya perhitungan dalam cara menghemat biaya pengecoran kita dapat menekan biaya produksi. Tentu saja dalam perhitungan ini tidak di lakukan secara asal-asalan. Kita dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada para ahli konstruksi bangunan atau kepada pegiat yang memiliki kompetensi di bidang tersebut seperti arsitektur dan lain-lain.

Dengan adanya komunikasi dan pengarahan dari para expert tersebut, kita dapat mengetahui seberapa besar dalam menghemat biaya pengecoran.

Dalam proses pengecoran beton, biasanya menggunakan material beton pada umumnya. Seperti penggunaan pasir, batu split atau agregat kasar, semen dan penambahan air. Namun banyak juga yang menggunakan mesin dalam proses pencampuran material tersebut.

Saat ini banyak sekali supplier beton yang juga memberikan layanan pengecoran dengan menggunakan ready mix. Hal ini adalah sebagai solusi praktis bagi anda. Karena beton jenis ini adalah beton siap pakai dan tidak perlu lagi mengolahnya.

Dengan demikian pekerjaan pengecoran menggunakan ready mix akan lebih cepat selesai. Berbanding terbalik jika menggunakan beton konvensional yang di olah secara manual oleh tenaga manusia. Biaya yang di keluarkan juga tidak terlalu jauh dengan mengunakan beton biasa. Karena dapat menekan cost dari pengurangan tenaga kerja itu sendiri.

Coba bayangkan jika pengecoran beton dalam skala besar menggunakan beton yang di olah secara manual. Tentu saja akan menambah biaya bukan menghemat biaya pengecoran. Apalagi kita tidak mempunyai peralatan yang memadai dan harus menyewa secara harian.

Baca Juga : Harga Readymix

Selain itu kita juga membutuhkan material besi baja sebagai struktur tulangan konstruksi beton. Jadi dalam pengecoran beton haruslah sesuai dengan material yang di butuhkan.

Anggaran Biaya Pengecoran Secara Konvensional

Ada beberapa cara dalam proses pengolahan beton. Seperti yang di ulas sebelumnya adalah dengan menggunakan beton ready mix yang menjadi solusi praktis dalam pengecoran. Namun ada pula yang menggunakan metode konvensional, yaitu dengan mengolah beton di lokasi proyek. Proses pengolahan ini biasa dikenal dengan menggunakan Site Mix.

Estimasi Perhitungan Material

Hal yang paling umum dalam takaran material beton menggunakan site mix adalah dengan perhitungan 1:2:3. Penjelasan dari perhitungan tersebut adalah 1 untuk semen, 2 untuk pasir dan 3 adalah untuk batu split. Itu adalah gambaran secara umum saja. Karena perbandingan tersebut lah yang paling sering di gunakan.

Akan tetapi tidak semua konstruksi beton menggunakan cara perhitungan dengan takaran tersebut. Semua tergantung dengan mutu beton yang ingin dibuat. Pengolahan nya pun bisa menggunakan alat sederhana seperti sekop atau cangkul dan beberapa wadah ember. Dengan demikian kita dapat mengetahui berapa besar material yang di butuhkan. Sehingga kita dapat mengetahui cara menghemat biaya pengecoran dengan cara selektif dalam takaran material.

Estimasi Perhitungan Upah Tukang

Dalam sistem upah tukang harus benar-benar di perhatikan. Ada dua jenis tipe pembayaran upah tukang yaitu dengan cara upah harian dan juga upah borongan. Apabila menggunakan sistem harian maka harus diperhitungkan dengan matang. Jangan memilih tukang yang malas-malasan yang dapat memperlambat pekerjaan.

Apabila pekerjaan pengecoran Deadline maka kita harus menambah jumlah tukang. Estimasi perhitungan biaya tukang hanya tinggal mengkalikan saja upah harian dikali hari kerja. Biasanya upah tukang di kota-kota besar berkisar 120.000 s.d 150.0000.

Biaya Design Konstruksi

Design konstruksi memiliki peran penting untuk memberikan estetika bangunan yang indah. Hal ini di perlukan tenaga yang memiliki kompetensi di bidang konstruksi seperti arsitek. Namun banyak yang tidak menggunakan jasa desainer atu arsitek karena di kenal cukup mahal.

Padahal dengan menggunakan jasa ini pembangunan akan lebih akurat karena di tangani oleh akademisi yang memiliki perhitungan yang matang dan akurat.

Anggaran Biaya Pengecoran Menggunakan Ready Mix Concrete

Perhitungan anggaran menggunakan beton ready mix cukup mudah yaitu dengan menghitung berapa banyak kuantitas kubikasi beton. Namun pemilihan mutu juga dapat mempengaruhi perbedaan dalam perhitungan anggaran pengecoran.

Untuk pengecoran menggunakan beton ready mix alangkah baik nya di konsultasikan dengan konsultan proyek. Sehingga dapat lebih akurat dalam perhitungan biaya dan lainnya. Karena pemilihan mutu beton sangat penting sesuai dengan karakter bangunan yang akan di lakukan pengecoran.

Demikianlah artikel mengenai cara menghemat biaya pengecoran. Semoga dapat menjadi manfaat bagi anda yang ingin melakukan pengecoran namun masih bimbang dalam menentukan biaya yang sesuai dengan budget anda.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini