7 HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM PERENCANAAN BANGUNAN

Ada 7 hal yang harus di perhatikan dalam perencanaan bangunan untuk membuat bangunan anda layak huni. Pertimbangan dalam memilih jasa konstruksi juga menjadi hal terpenting. Jangan sampai yang membangun hunian kita kurang mempunyai kompetensi di bidang nya.

Desain bangunan juga harus menyesuaikan dengan konstruksi bangunan. Kadang kita hanya mengutamakan desain yang indah namun tidak memperhatikan kekuatan bangunan. Namun ada juga yang bangunan nya kuat secara konstruksi namun memiliki desain yang kurang menarik.

Untuk menambah pengetahuan kita dalam merencanakan pembangunan tempat hunian kita, berikut ini 7 hal yang harus di perhatikan dalam perencanaan bangunan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanan Bangunan 

  • Strength (kekuatan)  ini merupakan hal yang paling di perhatikan dalam perencanaan membangun rumah hunian kita. Pembuatan pondasi harus benar-benar kuat dan disesuaikan dengan struktur tanah yang akan di bangun. Apakah di tanah gambut, tanah keras atau di lokasi yang sering terjadi gempa. Dalam hal ini penggunaan konstruksi beton sangat penting
  • Stability (stabilitas)  Kondisi bangunan harus benar-benar simetris dan tidak berat sebelah atau mengalami kemiringan. Untuk itu penggunaan alat ukur waterpass sangat penting dalam perencanaan bangunan.
  • Comfort (kenyamanan) Banyak yang mempengaruhi ketidaknyamanan di tempat hunian kita seperti ruangan yang terlalu sempit, udara di dalam panas, posisi kamar menghadap toilet dan lain-lain. Dalam hal ini harus benar-benar dipertimbangkan jangan sampai ketika rumah hunian sudah siap di gunakan malah membuat kita yang tinggal merasa tidak nyaman.
  • Health (kesehatan) Faktor kesehatan kadang luput dari perencanaan pembangunan. Seperti contoh dalam pembuatan septi tank yang terlalu dekat dengan ruangan. Saluran air yang menempel/dekat dengan tembok rumah dan lain-lain.
  • Estetika (keindahan) Manusia mempunyai kemampuan yang dapat menilai sesuatu secara visual. Dengan begitu desain dan interior bangunan juga berperan penting. Jangan sampai desain bangunan kita terkesan tidak sedap di pandang dan tidak memiliki estetika desain bangunan.
  • Ekonomis Biaya dalam perencanaan pembangunan harus benar-benar ekonomis. Yaitu jangan sampai budget yang akan kita gunakan terlalu besar. Sehingga akan menambah cost yang akan menyiksa kantong kita.
  • Go Green (ramah lingkungan) Tanamlah beberapa tumbuhan di lingkungan rumah hunian agar pepohonan dapat lebih cepat mengurai karbon dioksida di sekitar rumah.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam perencanaan bangunan rumah hunian kita. Semoga dapat menjadi pertimbangan sebelum membangun rumah tinggal.

Share informasi ini jika bermanfaat……!

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini