Solusi Terbaik Cara Memperbaiki Retak Balok Beton

Ada beberapa solusi terbaik cara memperbaiki retak balok beton. Keretakan ini tidak dapat kita hindari walaupun sudah dikerjakan dengan standar konstruksi yang baik. Hal tersebut bisa saja di karenakan kesalahan kecil yang di lakukan para pekerja yang kurang memiliki kompetensi di bidang konstruksi atau pemilihan material beton yang berkualitas kurang baik.

Namun tidak dapat di pungkiri, keretakan pada balok beton juga bisa di akibatkan oleh bencana alam seperti gempa bumi, longsor dan lain-lain. Dengan memilih material yang berkualitas dan pekerja yang handal tersebut dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi resiko keretakan konstruksi beton.

Keretakan pada balok beton pada umumnya terbagi menjadi 3 klasifikasi bagian. Yaitu pada level keretakan yang berbahaya, keretakan sedang dan keretakan yang tidak berbahaya. Ketak yang sering kita temui di lapangan adalah retak rambut. keretakan ini apabila tidak segera di perbaiki akan membahayakan struktur beton dan bangunan itu sendiri.

Adapun penyebab terjadi retak pada balok beton terbagi menjadi 2 bagian yaitu retak geser dan juga retak lentur. Ciri dari retak geser pada umumnya adalah keretakan berbentuk miring atau diagonal. Hal ini disebabkan ketikan balok beton mengalami retak lentur namun tak kunjung di perbaiki. Tanda dari retak lentur sendiri biasanya berbentuk tegak atau vertikal. Penyebab utama dari keretakan lentur adalah ketidakmampuan konstruksi beton untuk menopang beban.

Di lain hal retak rambut yang paling umum di temukan adalah disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim. Sehingga konstruksi beton tidak siap menerima perubahan tersebut dan terjadi retak rambut.

Apabila masalah-masalah tersebut tidak segera di lakukan perbaikan, maka akan berakibat fatal pada struktur beton. Kejadian terburuk bisa saja terjadi seperti roboh nya bangunan atau kerusakan parah akibat balok beton tidak mampu lagi menahan beban. Ada beberapa tips atau solusi terbaik cara memperbaiki retak balok beton yang dapat anda simak berikut ini.

Tips : Solusi Terbaik Cara Memperbaiki Retak Balok Beton

Cara Pertama

solusi terbaik cara mengatasi retak balok beton

Yang pertama di lakukan untuk solusi terbaik cara memperbaiki retak balok beton adalah dengan menggunakan penopang balok beton yaitu dengan cara membuat kolom berukuran kecil. Untuk memperkuatnya lagi bisa juga di tambahkan penyangga dari tiang-tiang agar kedudukan balok tersebut lebih kuat.

Cara Kedua

solusi terbaik cara mengatasi retak balok beton

Jika kondisi balok beton tidak dapat di lakukan dengan penyangga, maka solusi terbaik memperbaiki retak pada balok beton adalah dengan cara menambalnya. Fungsi dari penambalan adalah untuk tetap menjaga kekuatan dari balok beton tersebut.

Caranya adalah dengan memberikan injeksi epoxy pada konstruksi balok beton yang mengalami keretakan. Apabila semua telah di lakukan maka kita dapat memperbesar dimensi balok beton dengan metode penguatan pada bagian luarnya. Cara ini adalah solusi agar konstruksi balok beton tidak retak dan dapat menahan beban yang lebih kuat.

Cara Ketiga

solusi terbaik cara mengatasi retak balok beton

Apabila keretakan balok beton tidak terlalu besar, kita dapat memperbaiki keretakan balok beton tersebut dengan cara yang tidak terlalu rumit. Yaitu dengan cara menambalnya saja pada bagian yang terjadi keretakan. Penambalan tersebut bertujuan agar keretakan tidak melebar dan menambah keretakan yang parah.

Cukup ambil adukan semen lalu tambal pada bagian yang retak. Apabila telah mengering dapat di tambahkan dengan melakukan pengecatan pada balok beton sebagai pelindung.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini