Tips Merawat Atap Beton Agar Bebas Bocor

Merawat atap beton agar bebas bocor pada rumah hunian kita tentu saja menjadi suatu kebutuhan khusus agar tempat tinggal kita menjadi nyaman dan tidak mengalami kebocoran. Atap rumah sendiri memiliki fungsi yang dapat melindungi bagian dalam rumah dari perubahan cuaca.

Namun tidak hanya itu saja, atap rumah juga dapat kita gunakan untuk bersantai, untuk cuci jemur pakaian, ber olah raga, sebagai taman bahkan untuk keseruan bersama keluarga kita.

Untuk itu perlu perawatan khusus agar atap beton tetap kokoh dan bebas bocor dan rembes. Berikut ini adalah beberapa tips merawat atap beton agar mendapatkan atap beton bermutu tinggi.

Beberapa Tips Merawat Atap Beton Agar Bebas Bocor Menggunakan Beton Mix

Beton Mix atau beton siap pakai adalah jenis beton dengan beberapa campuran Superior Plasticizer Technology yang berfungsi agar pengecoran menjadi lebih mudah. Selain itu bahan ini dapat meningkatkan kualitas atau mutu beton sehingga pengerasan beton dapat berlangsung dengan cepat.

Aplikasi Penggunaan Beton Mix

  • Pada setiap 1 kilogram beton mix bisa di gunakan untuk 3-8 bag semen (1 bag = 50kg) atau dalam persentase 0.2%-1% dari berat semen tersebut.
  • Campur beton mix kedalam material beton baik agregat kasar atau halus seperti batu split, pasir dan semen. Setelah itu dapat diaduk hingga benar-benar tercampur dengan rata.
  • Tambahkan air pada beton mix  sesuai dengan kebutuhan. dalam hal ini, penggunaan air dapat di kurangi takaran nya dari kebutuhan standar.
  • Beton mix dapat langsung di gunakan dengan cara melakukan pengecoran. Dalam hal ini perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama proses pengecoran nya. Pastikan dapat selesai dalam waktu maksimal 1 jam.

Melapisi Permukaan Beton dengan Water Proofing

Waterproof sendiri saat ini banyak tersedia di toko-toko bangunan dengan berbagai merk yang beredar. Pilih waterproof yang benar-benar memiliki kualitas yang baik dalam merawat atap beton agar bebas bocor.

Adapun cara penggunaan water proof atau pelapis anti  bocor adalah sebagai berikut.

  • Apabila lapisan primer beton telah kering, maka dapat di tambahkan water proof dengan menggunakan alat seperti kuas, semprotan dan lain-lain.
  • Jika lapisan pertama telah kering, dapat di ulang dengan menambahkan lapisan kedua secara menyilang dalam penguasan.
  • Pada bagian sambungan perlu perawatan khusus dengan memberikan waterproof yang mengandung polyester mesh.

Untuk membeli produk pelapis anti bocor tersedia di market place atau toko bangunan terdekat. Bisa juga di dapatkan di outlet-outlet resmi seputar produk tersebut.

Demikianlah tips merawat atap beton agar bebas bocor. Semoga artikel ini bermanfaat

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini