KONSTRUKSI BETON BETULANG

Ketika ketika hendak membangun rumah tinggal impian, tidak ada salahnya mengenal istilah konstruksi beton bertulang. Bagi masyarakat awam di dunia konstruksi mungkin beton bertulang masih tidak begitu familiar di dengar.

Disini kami akan menjelaskan apa itu beton bertulang? Serta bagaimana penerapan nya di struktur bangunan?. Mari kita simak bersama mengenai konstruksi beton bertulang.

Apa itu Konstruksi Beton Bertulang?

Dalam mempelajari mengenai beton bertulang, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu beton?. Beton merupakan konstruksi yang terbuat dari beberapa campuran material bangunan seperti pasir, batu split (batu kerikil), semen portland dan air.

Beton sendiri memiliki kekuatan tekan yang tinggi namun beton memiliki kelemahan kekuatan tarik yang rendah. Sehingga akan rentan retak bahkan rusak saat terjadi penyusutan, tegangan tarik beban dan perubahan cuaca atau suhu.

Dalam hal ini maka perlu menambahkan tulangan pada beton untuk memberikan kuat tarik beton. Tulangan besi baja dapat memberikan kekuatan tarik yang tidak dimiliki beton. Penambahan konstruksi inilah saat ini lebih dikenal dengan konstruksi beton bertulang.

konstruksi beton bertulang

Apa Saja Keunggulan Konstruksi Beton Bertulang

Ada beberapa keunggulan dalam konstruksi beton bertulang yang perlu kita ketahui. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa konstruksi beton tidak kuat terhadap beban tarik. Untuk itu perlu ditambahkan konstruksi penulangan sehingga memiliki kekuatan tarik yang tinggi.

Penggunaan beton bertulang saat ini sangat populer di gunakan dalam konstruksi bangunan baik itu bangunan struktural maupun non struktural. Untuk mengetahui apa saja keunggulan-keunggulan konstruksi bertulang dapat di simak berikut ini.

konstruksi beton bertulang

1. Mempunyai Daya Tahan yang Baik Terhadap Api dan banjir

Apabila terjadi kebakaran atau banjir, material beton dapat dapat menjadi pelindung pada beton bertulang sehingga aman dari api dan air. Pada umumnya hanya terjadi sedikit kerusakan pada permukaan beton saja.

2. Perawatan yang Murah dan Praktis

Dalam hal perawatan beton bertulang tergolong murah dan praktis apabila dibandingkan dengan konstruksi lain nya. Untuk itulah penggunaan beton bertulang menjadi konstruksi yang umum di gunakan pada hunian modern saat ini.

3. Konstruksi Lebih Tahan Lama

Durabilitas yang tinggi menjadikan beton bertulang menjadi sangat diminati dalam konstruksi bangunan. Jenis konstruksi ini dikenal lebih awet dibandingkan konstruksi lain nya. Tambah lagi kandungan kimia yang terkandung dalam konstruksi beton akan membantu kekuatan beton dari waktu ke waktu.

4. Lebih Fleksibel

Penggunaan beton bertulang lebih fleksibel karena dapat mengikuti estetika desain bangunan yang kita inginkan. Selain sebagai struktur bangunan, beton bertulang juga dapat mengeksplorasi bentuk dari fasad bangunan itu sendiri.

5. Biaya yang Relatif Murah

Dalam hal pembangunan, biaya adalah hal yang paling di pertimbangkan. kita harus dapat mengukur seberapa besar biaya yang harus di keluarkan. Karena beton bertulang ini di buat dari material bangunan lokal yang sangat mudah di dapatkan bahan bakunya seperti pasir, kerikil, semen, air dan bahan-bahan lainnya. Semua material tersebut mudah ditemui sehingga menjadikan biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah.

Itulah beberapa keunggulan dalam menggunakan konstruksi beton bertulang. Dengan adanya pemahaman yang benar mengenai beton bertulang, kita akan semakin tahu desain apa yang benar-benar cocok untuk hunian rumah kita. Dalam hal desain tempat tinggal tentu tidak hanya kekuatan saja yang di utamakan. Namun kita juga dapat mengolah bentuk serta mengeksplorasi desain bentuk yang lebih menarik dan juga memiliki struktur yang baik.

Demikianlah informasi mengenai konstruksi beton bertulang. Jika anda ingin membangun rumah atau melakukan pengecoran beton dapat juga menghubungi kami. Untuk biaya pengecoran dapat dilihat di daftar harga ready mix dan juga sewa pompa beton.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini