KENALI JENIS BETON TERBAIK UNTUK KONSTRUKSI

Jenis Beton terbaik untuk Konstruksi – Beton dengan sifatnya yang kuat dan tahan lama sering digunakan dalam konstruksi jalan dan gedung. Sifat lain dari beton adalah memiliki kuat tekan yang baik dan fleksibel sehingga dapat dicetak menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Beton tersedia dalam berbagai pilihan jenis dengan keunggulan dan karakteristik nya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis beton dan kegunaannya untuk konstruksi.

Beberapa Jenis Beton Terbaik Untuk Konstruksi

Topmix permeabel

Topmix permeabel juga disebut beton penyerap air. Beton ini merupakan salah satu Jenis Beton terbaik, yang khusus untuk menutupi permukaan dengan penyerap super yang memungkinkan air meresap. Tujuannya tak lain agar air tidak menggenang di atasnya.

Dengan keunggulan tersebut, pada musim hujan yang deras, premeable topmix akan membantu menunda keluarnya air permukaan ke dalam sistem drainase sehingga risiko banjir dapat dikurangi. Beton jenis ini cocok digunakan pada landasan pacu bandara, trotoar dan jalan raya.

Beton Geopolimer

Beton geopolimer adalah jenis beton yang terbuat dari bahan yang banyak mengandung unsur silika dan alumina. Beton jenis ini terbentuk karena sintesis bahan non organik alami melalui proses polimerisasi. Bahan pembuatan beton geopolimer ini memanfaatkan bahan limbah industri seperti sisa pembakaran batu bara.

Hanya dengan memanaskan 600C selama sehari, diperoleh beton kualitas tinggi. Saat ini beton geopolimer telah diproduksi oleh sebuah perusahaan di luar negeri dalam bentuk beton pracetak untuk pipa beton, bantalan rel kereta api dan selokan.

Beton Penguat

Jenis beton ini merupakan jenis beton yang di dalamnya ditambahkan tulangan baja. Beton dengan tulangan baja di dalamnya menjadikan beton memiliki kekuatan tarik yang lebih kuat dibandingkan dengan beton biasa. Untuk kebutuhan konstruksi, beton bertulang cocok untuk balok pengikat, balok pelat lantai beton, pondasi dalam, kolom dan dinding geser.

Apa Saja Aneka Jenis Beton Terbaik untuk Konstruksi?

Beton Ringan

Beton ringan dibuat dengan cara mengganti agregat kasar dengan agregat ringan. Karena itu beton jenis ini lebih ringan dari beton pada umumnya. Beton ringan digunakan sebagai bahan pengisi dan sebagai batako.

Beton pracetak

Beton pracetak adalah beton yang dicetak dengan ukuran tertentu sebelum diangkut ke lokasi konstruksi. Pencetakan bukannya tanpa tujuan. Pencetakan dilakukan untuk menjaga kualitas beton dan untuk mengantisipasi kondisi di lokasi konstruksi yang tidak memungkinkan untuk penyimpanan beton.

Beton Lengket

Mirip dengan jenis beton bertulang, jenis beton prategang memiliki elemen baja yang tertanam di dalam beton. Tujuan pengencangan baja adalah agar beton tidak retak meskipun di bawah beban berat. Beton pratekan disarankan untuk digunakan sebagai penyangga struktur bangunan yang lebar.

Beton Siap Pakai

Beton siap pakai adalah jenis beton yang dibuat menurut kualitas tertentu. Beton jenis ini juga lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan beton ready mix. Banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi massalĀ  seperti perumahan, gedung bertingkat, jalan raya dan lain sebagainya.

Beton Vakum

Beton vakum dibuat dengan menyedot pengencer campuran beton menggunakan vakum khusus. Karena proses ini, beton jenis ini dikenal dengan beton berlubang. Beton ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi karena kandungan air yang tersisa hanyalah air yang telah bereaksi dengan semen saja. Beton hollow digunakan untuk gedung-gedung tinggi seperti gedung pencakar langit.

Fiber Beton

Seperti namanya, beton fiber dibuat dengan menambahkan serat pada campuran beton. Serat yang ditambahkan seperti plastik, asbes, kawat baja dan bahan sejenis lainnya. Penambahan serat tersebut bertujuan untuk meningkatkan keuletan beton agar tidak mudah retak.

Beton Cyclope

Dalam pembuatan nya beton jenis ini menggunakan agregat yang cukup besar untuk bahan pengisi tambahan. Ukuran penampang agregat adalah antara 15 cm sampai 20 cm dan ditambahkan ke dalam campuran beton. Dengan agregat, kekuatan beton meningkat. Beton siklon biasanya digunakan untuk konstruksi besar seperti jembatan, bendungan dan bangunan air lainnya.

Itulah beberapa Jenis Beton terbaik untuk konstruksi yang bisa didapatkan di pasaran. Tentunya Anda harus memilih jenis beton yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar setiap jenis beton dengan kelebihan dan sifatnya dapat memperoleh manfaat yang maksimal.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini