FUNGSI POMPA BETON ATAU CONCRETE PUMP

Fungsi pompa beton atau concrete pump di dalam dunia konstruksi mempunyai peranan yang cukup penting. Alat ini merupakan salah satu alat berat yang sering di gunakan dalam proses pengecoran beton. Fungsi yang paling utama adalah untuk mentransfer atau memompa beton cair/beton ready mix dari truk mixer ke area bidang pengecoran.

Alat berat ini sangat membantu kita khususnya para pekerja konstruksi bangunan untuk meringankan proses pengecoran beton. Terlebih lagi jika pengecoran untuk bangunan-bangunan yang sulit di jangkau seperti gedung-gedung tinggi, Pengecoran di area sempit dan lain-lain.

Pompa beton atau concrete pump sangat membantu pekerjaan konstruksi pengecoran menjadi lebih cepat dan efisien. Pengecoran akan menjadi lebih maksimal hasilnya dari segi kerapihan dan juga beton yang dihasilkan lebih tahan lama.

4 Macam Fungsi Pompa Beton Atau Concrete Pump Untuk Pengecoran Beton

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pompa beton mempunyai peranan yang penting dalam proses pengecoran beton ready mix. terdapat banyak sekali keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh dengan menggunakan concrete pump. Berikut ini adalah beberapa fungsi pompa beton atau concrete pump.

1. Pompa Beton Dapat Memompa Beton Secara Kontinyu 

Pompa beton sudah di desain khusus untuk memompa beton cair dengan menggunakan teknologi yang tinggi. Sehingga dapat memompa beton dari truk mixer menuju bidang atau area pengecoran secara terus menerus. Alat ini dapat memompa beton walaupun dengan volume beton dengan jumlah yang banyak sekalipun. Dengan bantuan concrete pump tentunya akan sangat membantu para pekerja dalam proses pengecoran.

2. Dapat Digunakan pada Area yang Sempit

Alat ini dapat di gunakan pada area sempit sekalipun karena menggunakan pipa yang berguna untuk mengirim beton cair ke area pengecoran. Tambah lagi alat ini mempunyai beberapa jenis pompa beton yang dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan pengecoran.

3. Pengecoran Bangunan bertingkat Lebih Mudah

Salah satu keunggulan fungsi pompa beton atau concrete pump adalah lebih memudahkan dalam proses pengecoran bangunan bertingkat. Bisa di bayangkan jika pengecoran tanpa menggunakan concrete pump. Tentu akan memakan waktu yang lama dan juga memerlukan tenaga kerja yang banyak.

4. Dapat Menghemat Biaya dan Tenaga Kerja

Dalam pembangunan suatu proyek tentunya sudah di perhitungkan secara matang baik dari segi biaya, waktu dan lain-lain. Salah dalam mengambil keputusan dapat mengakibatkan pekerjaan proyek terkendala. Salah satu kendala yang umum dialami suatu proyek adalah masalah biaya dan juga tenaga kerja. Dengan menggunakan pompa beton maka secara otomatis akan menghemat biaya dan tentu saja sangat efisien karena tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Saat ini juga banyak yang menyewakan pompa beton dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi tidak perlu membelinya karena harganya cukup mahal. Untuk mengetahui biaya sewa pompa beton silahkan klik disini

Jenis-jenis Pompa Beton Atau Concrete Pump 

Pompa beton memiliki berbagai jenis tipe pompa yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengecoran. Dalam pemilihan concrete pump harus benar-benar diperhatikan dalam pemilihan nya. Karena harus sesuai sehingga proses pengecoran dapat berjalan dengan optimal. Berikut ini adalah beberapa jenis pompa beton atau concrete pump yang umumnya dipakai untuk pengecoran.

fungsi pompa beton atau concrete pump
Pompa Beton Long Boom
1. Pompa Beton Long Boom atau Long Boom concrete Pump

Jenis pompa beton long boom adalah jenis pompa yang umum di gunakan dalam pengecoran bangunan bertingkat. Pompa ini dapat menjangkau bangunan bertingkat hingga ketinggian 20 meter. Spesifikasi belalai yang di gunakan pada pompa long boom adalah 27 meter. Fungsi pompa beton

Alat ini tergolong alat berat yang telah dirancang khusus dengan menggunakan kendaraan khusus yang telah didesain khusus untuk pompa beton. Spesifikasi kendaraan pompa beton adalah memiliki panjang kendaraan 12 M dengan lebar 2.8 M. Oleh sebab itu perlu di perhatikan dalam memilih jenis pompa long boom. harus di pastikan memiliki akses jalan yang dapat di lewati kendaraan pompa beton atau concrete pump.

fungsi pompa beton atau concrete pump

2. Pompa Beton Mini atau Mini Concrete Pump

Penggunaan pompa jenis ini adalah untuk pengecoran di area yang memiliki akses jalan yang tidak memiliki akses jalan yang luas. Sesuai namanya jenis pompa ini berukuran lebih kecil jika di bandingkan dengan kendaraan pompa long boom. Alat ini hanya mempunyai panjang belalai 9 m sampai dengan 12 m. Adapun spesifikasi kendaraan pompa beton mini adalah memiliki panjang 7 m dan lebar 2.5 m.

fungsi pompa beton atau concrete pump
Pompa Kodok Atau Portable Concrete Pump
3. Pompa kodok atau Portable Concrete Pump

Jenis pompa kodok memiliki spesifikasi khusus dan sedikit berbeda dengan jenis pompa beton lain nya. Jika jenis concrete pump lain nya berada di atas kendaraan, pompa kodok dapat digunakan secara portable dan dapat diangkut dengan kendaraan yang berbeda.

Pompa kodok menjadi pilihan yang tepat untuk pengecoran beton yang sangat sulit dijangkau seperti pengecoran di area yang tidak mempunyai akses jalan yang memadai. Portable concrete pump atau pompa kodok mempunyai jangkauan horizontal dengan panjang 120 m sampai dengan 170 m.

Dengan beberapa pilihan pompa beton atau concrete pump diatas, maka kita dapat memilih jenis pompa beton mana yang cocok dengan area proyek yang sedang dibangun. Apakah dapat di akses menggunakan jenis pompa long boom, pompa mini atau pompa kodok.

Saat ini banyak sekali yang menyewakan jenis-jenis pompa tersebut jadi anda tidak perlu membelinya. Terlebih harga pompa beton cukup mahal. Dengan adanya sewa pompa beton tentu akan memudahkan kita dalam proses pengecoran beton ready mix.

Demikianlah informasi mengenai fungsi pompa beton atau concrete pump. Semoga kita memperoleh manfaat dari pengetahuan mengenai pompa beton ini.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini