Cara Memperbaiki Beton Pada Pelat Kolom dan Balok

Kenali Cara Memperbaiki Pada Pelat Kolom dan Balok

Cara Memperbaiki Beton pada Pelat Kolom dan balok – Mengapa harus ada perbaikan? Tentunya karena kemampuan struktur beton yang tidak sesuai dengan yang direncanakan. Arti kata gagal mungkin terlihat menakutkan, namun dampak yang akan ditimbulkan jika tidak sesuai dengan perencanaan konsultan akan berakibat fatal dan membahayakan semua orang yang ada di dalam gedung.

Ada banyak cara untuk memperbaiki beton pada kolom, pelat atau balok yang dapat dilakukan jika terjadi kegagalan struktur. Namun, tidak semua struktur beton dapat diperbaiki tergantung dari tingkat kerusakannya. Perbaikan beton dapat dilakukan pada struktur untuk indikasi tertentu, termasuk:

Kualitas beton yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Misalkan struktur kolom direncanakan oleh konsultan dengan kualitas beton FC 35 Mpa. Namun setelah dilakukan pengujian selama 28 hari, mutu beton yang dicapai hanya 25 MPa. Kemudian beton harus segera dirawat agar kualitas beton kembali sesuai rencana.

Baca : Istilah beton K dan Fc

Kerusakan struktur beton terjadi akibat gempa bumi. Dalam hal ini, tidak semua bangunan dapat diperbaiki tergantung dari hasil evaluasi pasca gempa. Jika sudah termasuk dalam kategori rusak parah maka tidak bisa diperbaiki lagi.

Beberapa Alasan Mengapa Mutu Beton Tidak Sesuai dengan Rencana

Terjadi error pada Batching Plant Ready Mix, misalnya kualitas pasir sangat jelek, banyak mengandung lumpur, menggunakan semen yang tidak biasa. Kesalahan selama proses transmisi. Seringkali proses pengecoran ditambahkan dengan terlalu banyak air. Alasannya adalah peningkatan kemampuan kerja. Padahal, penambahan air yang berlebihan akan menurunkan kualitas beton setelah di cor.

Kemudian bagaimana cara memperbaiki beton pada struktur kolom, pelat, dan balok agar mutu beton kembali normal dan sesuai dengan rencana. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menghitungnya karena tiap kasus berbeda. Ada beberapa cara untuk memperbaiki struktur beton yang bisa digunakan.

 

cara memperbaiki beton pada pelat kolom dan balok

Cara Memperbaiki Kolom Beton

Struktur kolom merupakan struktur utama yang akan berakibat fatal bagi seluruh bangunan jika terjadi kerusakan parah. Bayangkan saja jika balok tidak rusak tetapi kolomnya rusak berat maka seluruh bangunan akan roboh. Oleh karena itu konsep perencanaan struktur harus menggunakan konsep Strongth Colom Weak Beam.

Beberapa kerusakan dan cara memperbaiki beton yang terjadi pada Kolom antara lain

Retak, tanpa beton pecah dan tulangan tidak rusak. Cara perbaikan ini dengan injeksi hanya menggunakan resin / epoxy.

Beton bagian dalam telah terkelupas atau rusak, tetapi tulangannya tidak rusak. Cara memperbaiki beton dengan grouting. Grouting adalah menyediakan campuran campuran beton dengan bahan khusus yang berkualitas tinggi. Beton retak disertai tekuk pada tulangan.

Metode perbaikan dilakukan dengan cara memotong tulangan tekuk dan mengganti tulangan baru dan diberi sengkang, kemudian dilakukan grouting / cor beton mutu tinggi. Alternatif lain dapat berupa tulangan sanggurdi, grouting dan jacketting atau memperbesar ukuran kolom beton.

Cara Memperbaiki Balok Beton

Balok adalah elemen struktur yang berfungsi menahan tekukan dan geser. Pada struktur beton ini tidak jauh berbeda dengan kolom dalam penanganannya. Sesuai dengan fungsi balok yaitu untuk menahan gaya tekuk dan geser, yang perlu ditingkatkan adalah kuat lentur dan gesernya. Cara memperbaiki beton dilakukan sesuai tingkat kerusakannya.

Berikut adalah beberapa cara perbaikan beton pada balok untuk memperkuat lentur dan kuat geser dengan menggunakan metode perkuatan. Penguatan balok bisa dilakukan dengan.

  • Tingkatkan dukungan atau kurangi rentang balok.
  • Pelapisan atau peningkatan ukuran balok dengan beton bertulang.
  • Memberikan tulangan dalam bentuk baja prategang.
  • Memberikan penguatan pelat baja di area yang mengalami kegagalan tekukan.
  • Menyediakan Fiber Reinforce Plastic atau lembaran FRP

Cara Memperbaiki Pelat Beton

Pelat adalah elemen struktur berupa bidang yang terkena beban hidup dan mati secara langsung. Seperti pada elemen struktur lainnya, slab juga dapat mengalami kerusakan akibat gaya yang tidak ditanggung oleh struktur slab beton. Cara memperbaiki beton pada slab tergantung dari tingkat kerusakannya. Pada umumnya kerusakan plat terjadi pada ujung-ujung plat yang pecah.

Berikut cara memperbaiki beton pada pelat lantai.

Kerusakan retak, perbaikan cukup dilakukan dengan injeksi menggunakan kulit lebar dan beton pecah tetapi tulangan nya masih bagus, perbaikan beton dapat dilakukan dengan cara membersihkan dan mengasarkan beton kemudian melakukan grouting kembali.

Jika kerusakannya cukup parah, cara memperbaikinya adalah dengan menambah ketebalan plat. Penebalan pelat bisa dilakukan di bagian bawah pelat. Agar pemasangan terjadi, Anda dapat menambahkan konektor geser atau campuran.

Demikianlah cara memperbaiki beton pada pelat kolom dan balok. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini