5 JENIS MATERIAL YANG SERING DIPAKAI KONSTRUKSI BANGUNAN

Dalam perencanaan membangun sebuah tempat hunian, ada baiknya memahami jenis material yang sering dipakai konstruksi bangunan. Hal ini harus kita pahami walaupun kita awam dalam hal dunia konstruksi bangunan. Pengetahuan ini sangatlah penting untuk menghindari kecurangan pihak pemborong atau developer saat pembangunan nanti.

Dengan memahaminya, tentu akan menambah wawasan kita seputar konstruksi bangunan dan kita dapat memilih bahan material mana yang cocok dengan hunian kita. Ada beberapa bahan bangunan yang umumnya di gunakan dalam pembangunan konstruksi. Berikut ini adalah 8 jenis material yang sering dipakai konstruksi bangunan.

Jenis-Jenis Material Yang Sering Dipakai Konstruksi Bangunan

1. Batu

Material yang satu ini adalah jenis material yang paling sering kita jumpai dalam membangun suatu konstruksi bangunan. Penggunaan nya beraneka ragam seperti sebagai bahan pondasi bangunan, tembok dan lain-lain. Batu sendiri merupakan material bangunan yang sudah lama di kenal sejak zaman pra sejarah. Hal tersebut dapat di temui di berbagai situs-situs kuno sebagai bahan pembuat bangunan dan sebagai senjata.

2. Kayu

Sama seperti batu, kayu juga dapat mudah kita jumpai dimana-mana. Material yang satu ini juga sudah digunakan untuk konstruksi bangunan sejak dahulu kala. Kayu juga adalah sebagai material utama dalam sebuah konstruksi. Namun seiring berkembangnya zaman saat ini banyak yang beralih menggunakan konstruksi baja ringan sebagai alternatif pengganti kayu.

3. Batu Bata

Konstruksi bangunan modern tentu tidak lepas dengan material yang satu ini. Batu bata sudah dikenal sejak zaman mesir kuno sebagai material konstruksi. Walaupun batu bata sendiri memiliki perbedaan dari material atau bahan baku yang di buat. Ada yang menggunakan tanah liat, batu yang di pahat, adukan semen (batako) dan lain-lain.

4. Kaca

Kaca adalah material transparan atau bening yang berfungsi agar penghuni rumah mendapatkan sinar matahari namun bisa terlindungi dari dampak cuaca buruk. Material yang satu ini merupakan sebuah inovasi modern yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Sehingga saat ini terdapat berbagai macam jenis kaca yang dapat di pilih untuk hunian kita.

5. Semen

Fungsi utama semen adalah sebagai perekat material bangunan lain nya. Material semen terbuat dari beberapa campuran yaitu batu kapur, batu silika, tanah liat dan pasir besi. Saat ini semen juga menjadi salah satu material pokok dari pembuatan Beton Instan. Penggunaan semen sendiri adalah salah satu hal yang sangat vital jadi pilihlah semen dengan kualitas terbaik.

Itulah 5 jenis material yang sering dipakai konstruksi bangunan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita seputar konstruksi bangunan.

Call Now Button
error: Content is protected !!
Nego Disini